Monday, April 24, 2017

Kirim Pesan Via CMD

Kirim Pesan Via CMD


Pastinya suadah pada tau semua kan apa itu CMD dan hall apa saja yang bisa kita lakukan dengan perintah-perintahnya. Untuk pengguna komputer dalam sebuah jaringan LAN bisa memanfaatkan perintah pada command prompt yang bisa buat chatting atau kirim pesan tanpa memerlukan software tambahan.

Command Prompt bisa diakses dari menu Start/Programs/Accessories/Command Prompt atau dari Start/Run dan ketik cmd.

Caranya cukup gampang, dengan menggunakan command “NET SEND” anda sudah bisa mengirim pesan ke rekan anda yang terhubung LAN.

Format perintahnya adalah:

NET SEND (nama komputer) (isi pesan)

Contoh? Anda ingin kirim pesan ke komputer dengan nama komp1 cukup ketik:

net send komp1 time to hoooooome




di komputer tujuan akan muncul seperti gambar dibawah:




Bila pesan akan dikirim ke semua komputer dalam workgroup yang sama maka nama komputer diganti dengan ( * ), dan pesan akan muncul di semua komputer.
net send * time to hoooooome

Perlu diingat bahwa sebelum perintah ini bisa jalan terlebih dahulu harus diaktifkan service untuk messenger.

Buka Control Panel/Administratif Tools/Services. Bila status pada service Messenger disable maka harus diaktifkan terlebih dahulu. Klik kanan pada Messenger /Properties, Startup type diganti dengan Automatic>>klik Aplly>>klik Start.. OK.

Sedikit tambahan dari saya :
Teknik ini bisa dijalankan asal semua service NET SEND di setiap PC dihidupkan caranya “run” di start ( semua PC) ketik “services.msc” cari “messenger” klik 2 kali. Lalu bagian start up type ganti “automatic” trus klik “start” jadi deh… lalu coba kirim pesan dari server ke kompi tujuan caranya ketik

net send 192.168.1.22 halo makan yuk..


Available link for download